Nasional

8 bulan yang lalu

AGPAII Memperingati Miladke 14 dan Mukernas ke 3

Wagiman

Sabtu, 27 Maret 2021 - 16:00 WIB

Jakarta, pandawalima.id – – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) menggelar perhelatan yang bertajuk beyon imagination dalam rangka memperingati hari jadinya ke 14 th dan mukernas ke 3 di hotel syahida Inn komplek UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Kota Tanggerang selatan 26-28 Maret 2021.

Selain di gelar secara tatap muka dengan menerapkan Protokol kesehatan yang ketat, acara ini juga di ikuti oleh lebih dari 1000 peserta GPAI di seluruh Indonesia secara virtual memlalui aplikasi zoom meeting .

Dalam perhelatan puncak hari ini, yang di selenggarakan di  CGV Grand Indonesia, Jl. M.H. Thamrin Jakarta. Pada kesempatan ini AGPAII memberikan penghargaan kepada Haji Lukman Hakim Saifudin, sebagai “Bapak Moderasi Beragama”.

Haji Lukman Hakim Syaifudin dalam pidatonya beliau berpesan Mari kita doakan para guru & muliakan para guru, khususnya guru Agama. Para guru yang mengajarkan kepada kita untuk mencintai bangsa ini.

Sebagai Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) mari menjadi agen toleransi, hindari kekerasan, mengakomodasi dan menghargai perbedaan serta menjadikan setiao saat kita menyebar islam rahmatan lil ^alamin, Ucapnya.

Islam adalah agama damai. Kedamaian itu mempersyaratkan cinta, maka GPAI haruslah selalu merawat cinta dan rasa. Beragama tidak hanya mengandalkan akal, namun harus diimbangi dengan cinta dan rasa. Fiqh dan tasawuf jangan dipertentangkan namun disandingkan.

Prinsip keadilan harus dijunjung tinggi. Tugas GPAI membawa pemikiran ‘ekstrem kiri atau ekstrem kanan’ ke tengah.
GPAI harus selalu mendahulukan “ruh guru”. Metodologi maupun materi akan bermakna kalau ruh guru diutamakan. Kata yang cocok untuk “ruh guru” menurut beliau adalah CINTA. GPAI harus selalu membangun cinta dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun.

Pada perhelatan tersebut dihadiri juga wakil presiden Rl, Ma’ruf Amin, menteri pendidikan Nadiem Makarim, Yeni Wahid dan sejumlah pejabat yang lainnya.

Pewarta : Riduan Bugawoh
Editor.    : Wagiman

Artikel ini telah dibaca 103 kali

Baca Lainnya