Nasional

11 bulan yang lalu

Cak Nanto Di Undang Khusus Yayasan Komunitas Konghucu Tuban

Wagiman

Minggu, 28 Februari 2021 - 17:59 WIB

Jakarta, Pandawalima.id – – Kuntowijoyo pernah berujar, siklus periodesasi kehidupan Indonesia itu ada tiga ; mitos, ideologi, ilmu. Saya meyakini semestinya kita telah sampai pada periode ilmu. Tidak justru kembali pada wilayah ideologi apalagi mitos.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto yang akrab dipanggil Cak Nanto dalam rilisnya kepada media beliau di undang secara khusus oleh Alim Sugiantoro ketua yayasan komunitas konghucu di Tuban, mendampingi Sekretaris Jenderal Kemenag RI Nizar Ali, Minggu (28/02/2021)

Di kadipaten (dulu) tempat Ranggalawe memimpin ini, ternyata ada sebuah Klenteng terbesar se-Asia Tenggara namanya Kwan Sing Bio. Sebuah simbol toleransi kelas dunia ada di Tuban, Kata Cak Nanto.

Disana saya menyampaikan pentingnya moderasi beragama. Perspektif Muhammadiyah tentang moderasi beragama adalah sama dengan perspektif Islam yaitu wasathiyah atau tawasuth juga moderat. Inti dari sikap moderat adalah adil dan tawazun. Menempatkan sesuatu pada tempatnya(adil) dan membangun keseimbangan(tawazun).

Sahabat, selalu menarik menyaksikan Indonesia dengan segala ragam budayanya. Persatuan dalam kebhinekaan ini yang akan menjadikan bangsa kita menjadi pioner ditengah arus besar persaingan ilmu dan tehnologi global, Ujarnya. (wagiman)

Artikel ini telah dibaca 105 kali

Baca Lainnya