Nasional Politik

3 minggu yang lalu

Gelar Soft Launching, JMPD Siap Ramaikan Dunia Politik & Demokrasi di Indonesia

Penulis : Irma Ulfa Lailiana

Jumat, 5 November 2021 - 10:21 WIB

Bekasi, Pandawalima.id – Jaringan Muda Politik dan Demokrasi Indonesia atau disingkat JMPD Indonesia melakukan soft launching pada 3 November 2021 yang bertempat di Kota Bekasi, Jawa Barat secara luring. Dengan adanya soft launching ini secara resmi JMPD Indonesia terbentuk dan siap terjun ke masyarakat khususnya anak-anak muda dalam rangka melakukan edukasi politik dan kepemiluan di seluruh wilayah Indonesia.
.
Ikhwan Ridha Wilti, Direktur JMPD Indonesia atau biasa disapa Edo
kepada media mengatakan Dibentuknya JMPD Indonesia diharapkan menjadi alternatif bagi masyarkat khususnya anak-anak muda untuk melek politik, demokrasi dan kebijakan publik. Selain itu, JMPD Indonesia diharapkan menjadi jawaban atas persoalan demokrasi yang ada di Indonesia, lalu mendorong para pemangku kebijakan untuk menerbitkan produk-produk kebijakan publik yang pro terhadap masyarakat.  JMPD Indonesia memiliki beberapa fokus isu di antaranya isu politik dan kebijakan publik, isu kepemiluan, pendidikan pemilih, pemantauan pemilu dan kebijakan publik, kajian dan penelitian serta media informasi, Kata Ikhwan.
.
Ikhwan Ridha Wilti, menambahkan
Lembaga ini bertujuan untuk menjadi rumah yang nyaman bagi seluruh elemen masyarakat khususnya anak-anak muda untuk berkarya dan menyusun ide kreatif dalam penguatan nilai luhur demokrasi agar terciptanya kepemipinan yang berkeadilan dan menegakan prinsip demokrasi serta mewujudkan pemilu yang berkualitas. Selanjutnya, tujuan lainnya adalah membentuk sumber daya yang berkualitas, berwawasan luas, cerdas, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esai melalui proses demokrasi yang maju dan modern sehingga bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang berkemajuan. Asas gerakan kami adalah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Ucapnya.
.
selain itu Fathin Robbani Sukmana atau biasa disapa Fathin sebagai sekretaris yang dikenal sebagai pengamat isu kebijakan publik serta penulis yang sering menanggapi isu politik, demokrasi dan kebijakan publik. JMPD Indonesia juga diisi oleh anak-anak muda yang memilik kompetensi dan tekad kuat untuk terus memproduksi gagasan konstruktif dan kritis dalam merespons isu-isu kebijakan publik, Ungkapnya.
.
Di bawah kepemimpinan Ikhwan, Jaringan Muda Politik dan Demokrasi Indonesia berkomitmen untuk mewadahi seluruh gagasan dari elemen masyarakat tanpa memandang RAS, Suku, Agama serta elemen-elemen lainya. Selain itu JMPD siap berkolaborasi dan bersinergi dengan semua stakeholder dan elemen masyarakat yang berkomitmen dalam menjaga keutuhan demokrasi di Indonesia.
.
Dalam waktu terdekat Ikhwan dan seluruh tim JMPD Indonesia akan melaksanakan program-program inovatif dan kreatif untuk mempersiapkan anak-anak muda yang minat dalam bidang politik, demokrasi,kebijakan publik dan kepemiluan menuju 2024. Selain itu, Ikhwan juga mempertegas bahwa JMPD Indonesia akan tetap berkomitmen sebagai lembaga masyarakat sipil yang transparan dan akuntabel.
.
Terakhir, kami mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya anak-anak muda untuk terus berjuang melaksanakan amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan membangun Indonesia menjadi Negara yang maju, modern dari berbagai sektor. Bagi yang ingin bergabung silakan berkontak karena kami terbuka bagi siapapun. (Irma Ulfa Lailiana)

Artikel ini telah dibaca 64 kali

Baca Lainnya