Bandar Lampung Daerah

8 bulan yang lalu

Juanda Naim Lantik Pejabat Fungsional Tertentu (JFT) Kanwil Kemenag Lampung

ANGGITHYA

Jumat, 28 Mei 2021 - 07:39 WIB

Bandar Lampung, Pandawalima.id –– Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H, melantik dan mengambil Sumpah Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Arsiparis dan Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Kantor setempat, Kamis (27/4) di Aula Saibatin.
.
Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang, Pembimbing Masyarakat (Pembimas), Kepala Sub bagian (Kasubbag), Subkoordinator.
.
Dalam sambutannya, Juanda mengatakan bahwa Jabatan Fungsional merupakan jabatan teknis yang memiliki kompetensi tertentu baik keahlian, maupun pendidikan sehingga pejabat fungsional akan lebih fokus dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) sesuai dengan tingkat keahlian masing-masing.
.
Pada hakikatnya, menurut Juanda, jabatan fungsional merupakan jabatan teknis yang memiliki kompetensi tertentu, baik keahlian maupun pendidikan, sehingga pejabat fungsional akan lebih fokus dalam melaksanakan tupoksi di masing-masing pekerjaan yang diemban.
.
Ada banyak keuntungan menjadi Pejabat fungsional yaitu kesempatan naik pangkat lebih cepat, kelas jabatan lebih tinggi, tunjangan jabatan lebih besar dibanding engan jabatan pelaksana, bahkan dari jabatan pengawas, dan tetap memiiki kesempatan untuk menjadi Pejabat Pimpinan Tinggi, Administrator, atau Pengawas.
.
Jadi JFT Arsiparis adalah jabatan fungsional tertentu yang mempunyai ruang lingkup fungsi, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan kearsipan pada instansi tempat ia bekerja dan mengabdi.
.
Meskipun tugas pejabat fungsional bersifat spesifik, dalam praktiknya tidak terlepas dari peran unit-unit kerja lain, baik terkait dengan pemenuhan kebutuhan data mentah maupun sebagai rangkaian dari kegiatan pelayanan kepada masyarakat. Koordinasi, integrasi dan sinkronisasi harus menjadi perhatian agar kinerja pejabat dungsional menjadi satu kesatuan yang utuh dalam sistem pelayanan publik di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung.
.
Selain melantik dan mengambil sumpah jabatan fungsional arsiparis, Juanda menambahkan bahwa Kanwil Kemenag Provinsi Lampung juga melaksanakan pengambilan sumpah PNS. Esensi sumpah atau janji merupakan komitmen yang harus ditepati dan mengandung tanggung jawab moral untuk melaksanakannya dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.
.
“Saya atas nama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung mengucapkan Selamat kepada ASN yang telah dilantik dan diambil Sumpah JFT Arsiparis sebanyak 13 orang dan PNS yang diambil sumpahnya sebanyak 285 orang yang terserah di Kantor Wilayah dan Kantor Kementerian Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung”, tuturnya.
.
“Saya meminta kepada ASN yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, untuk benar-benar menghayati isi sumpah tersebut dalam setiap tugas saudari sebagai JFT Arsiparis maupun PNS di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung”, ujarnya.
.
“Pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan ini merupakan momentum yang sangat penting dalam mengawali pelaksanaan tugasbaru sebagai JFT Arsiparis dan PNS. Oleh karena itu, saya berharap sumpah dan janji ini menjadi rambu-rambu terhadap tindakan Saudara sebagai aparat Pemerintah dalam melaksanakan tugas dan fungsi. Selain itu juga agar kalian dapat melaksanakan tugas dengan profesional, penuh tanggung jawab, mengoptimalkan potensi dengan teris menggali kreativitas dan inovasi dalam memajukan instansi, berdedikasi yang tinggi dan penuh loyalitas untuk kemajuan Kementerian Agama, khususnya di Provinsi Lampung,” pesannya.
.
Laporan : Anggithya

Artikel ini telah dibaca 132 kali

Baca Lainnya