Bandar Lampung

7 bulan yang lalu

Kanwil Lampung Sosialisasikan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Tentang Sholat Idhul Adha

Anggithya

Selasa, 29 Juni 2021 - 21:19 WIB

Bandar Lampung, pandawalima.id — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim., M.H, membuka sekaligus memimpin kegiatan Sosialisasi Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Shalat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M, Selasa (29/6).

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung meminta kepada seluruh jajaran terutama Kepala Bidang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kepala Seksi, Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan, Kepala Madrasah, Pimpinan Pondok Pesantren dan Penyuluh Agama Islam ikut serta melakukan sosialisasi dan evaluasi pelaksanaan SE No. 15 Tahun 2021 ini ditengah-tengah masyarakat .

Dalam Surat Edaran telah dijelaskan bahwa untuk memberikan rasa aman kepada umat Islam dalam penyelenggaraan Sholat Idhul Adha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 Hijriyyah/2021 Masehi ditengah pandemi Covid-19 yang belum terkendali dan munculnya varian baru, maka perlu dilakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat dalam penyelenggaraan Sholat Idhul Adha dan Pelaksanaan Qurban

Adapun maksud dan tujuan Surat Edaran ini diterbitkan sebagai panduan dan pencegahan, pengendalian, dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pada semua zona resiko penyebaran Covid-19 dalam rangka melindungi masyarakat.

“Pemerintah melalui Kementerian Agama menerbitkan tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Shalat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 Hijriyyah/2021 Masehi ini karena alasan keselamatan terkait pandemi Covid-19. Sesuai dengan SE No. 15 Tahun 2021 tentang penerapan protokol kesehatan secara ketat dalam penyelenggaraan Sholat Idhul Adha dan Pelaksanaan Qurban tahun ini, kita meminta kepada seluruh Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan, Kepala Madrasah, Pimpinan Pondok Pesantren dan Penyuluh Agama Islam ikut serta melakukan sosialisasi aturan ini dan membuat laporan atas pelaksanaan sosialisasi ini ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung,” ucap Juanda.

Selain sosialisasi, Mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan ini juga meyampaikan apresiasi terhadap inovasi yang telah digagas oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung dalam kegiatan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021.

“Saya atas nama pribadi maupun sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Agama Provinsi Lampung terkait dengan ditunjuknya Provinsi Lampung salah satu inovasi yang mewakili Kementerian Agama Republik Indonesia. Kemarin, kita baru saja diwawancari dan mempresentasikan inovasi dengan tim panel indepen Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, mudah-mudahan apa yang kita sajikan dan dilakukan mendapatkan nilai positif. Tidak saja bagi Kementerian Agama tetapi bagi semua kalangan. Terciptanya inovasi dengan tema Sahabat QU, Madrasah Hebat Bermartabat, dengan tahfidzul Qur’an, tidaklah mungkin terlaksana dengan baik tanpa ada peran aktif kita bersama. Oleh karena itu, mari kita fokus apa yang menjadi inovasi yang telah dicanangkan dan terus mengembangkan serta kreativitas dalam melaksanakan pekerjaan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagaimana slogan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung yaitu kerja bersama, kita bisa”, tambah Juanda.

“Madrasah adalah lembaga pendidikan yang berkarakter, khususnya tentang agama Islam. Maka sudah sewajarnya dan sepantasnya apa yang menjadi aturan agama Islam, itulah yang menjadi titik tekan terhadap anak didik kita. Yang paling utama adalah memfokuskan kembali terkait dengan pelaksanaan shalat dan ibadah kepada anak didik. Saya minta kepada seluruh jajaran di Lingkungan Madrasah untuk memfokuskan, mengkoreksi dan mengevaluasi ulang terkait dengan pelaksanaan ibadahnya”, imbuhnya.

“Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Juli 2021. Saya mengingatkan kepada seluruh Kepala Satuan Kerja baik Bidang, Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Madrasah, dan lainnya untuk mengevaluasi terkait dengan serapan anggaran yang kita dilakukan. Beberapa minggu yang lalu, Provinsi Lampung masih menempati urutan ke-34 dalam daya serap anggaran. Ini berarti kita bersama-sama untuk meningkatkan peningkatan serapan anggaran yang ada. Evaluasi ini bukan hanya terkait dengan serapan tetapi juga mencermati daftar isian penggunaan anggaran (DIPA). Selain itu juga, setiap kita melaksanakan kegiatan diharapkan untuk membuat Laporan Pertanggungjawaban sesuai dengan regulasi atau peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya.

“Di era pandemi Covid-19, Saya meminta dan berharap kepada seluruh Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 5M dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka mencegah penyebaran Coronavirus Disease atau Covid-19”, tegas Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung.

Acara Sosialisasi SE No. 15 Tahun 2021 ini berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir dan semua ASN Kemenag siap ikut serta meneruskan info penting ini kemasyarakat. Dan sudah selayaknya kita ASN Kemenang menjadi suri tauladan dan bersikap bijak menghadapi fenomena akhir-akhir ini serta mendukung semua kebijakan pemerintah.

Tampak hadir dalam kegiatan sosialiasi ini adalah Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kepala Pendidikan Madrasah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kepala Seksi, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, Penyuluh Agama Islam, dan lainnya.(Anggithya)

Artikel ini telah dibaca 99 kali

Baca Lainnya