Daerah Tanggamus

6 bulan yang lalu

KPU Tanggamus Narsum Webinar  Literasi Digital

REDAKSI

Kamis, 15 Juli 2021 - 09:42 WIB

Tanggamus, Pandawalima.id –  Dalam rangka mensukseskan Program Literasi Digital Nasional yang bertajuk Bersama Melawan Berita bohong (Hoax) yang dilaksanakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), KPU Tanggamus menjadi salahsatu pembicara dalam acara webinar Gerakan Literasi Digital, Rabu, 14/7/2021.
.
KPU Tanggamus yang di wakili oleh  Habibi, S.Kom.I ketua Divisi Program data dan Informasi memaparkan tentang bagaimana membedakan antara informasi dan hoax.
.
Dalam pemaparannya disampaikan “didunia digital saat ini dimana arus berita sangat luarbiasa, pentingnya kita mengetahui ciri-ciri serta langkah yang perlu diambil guna menyikapi sebuah berita, apakah itu informasi (Berita Fakta) ataukah Hoax (Berita Bohong)” ucapnya.
.
Arus berita yang sangat luar biasa melalui berbagai media mulai dari Portal Web, Sosmed, WA, SMS maupun informasi media lainnya, disampaikan. “penting bagi kita untuk menyaring berita tersebut, sebagai contoh yang dialami KPU menjelang pelaksanaan Pemilihan maupun pemilu banyak sekali berita-berita yang beredar bahkan berita hoax sehingga jika kita tidak cermat dalam mengkonsumsi berita bias saja kita termakan berita Hoax”, jelas Habibi.
.
Dan disesi akhir pemaparan beliau, sampaikan pula bagaimana KPU mengelola informasi, dimana berdasarkan PKPU Nomor 01 Tahun 2015, KPU dalam mengelola informasi di laksanakan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dimana segala informasi yang bersifat Publik dan bukan informasi yang dikecualikan menurut UU dan peraturan Komisi Informasi serta sesuai dengan nilai kepatutan, maka akan di publish oleh PPID.
.
Sebelum mengakhiri pemaparan beliau berpesan kepada peserta Webinar agar lebih berhati-hati dalam menerima sebuah informasi “ lakukan pengecekan mendalam sehingga benar-benar di ketahui sebuah berita tersebut apakah Fakta atau Hoax” tandasnya.

Artikel ini telah dibaca 198 kali

Baca Lainnya