Bandar Lampung

9 bulan yang lalu

Lazismu Lampung Kembali Salurkan Bantuan Pendidikan

Wagiman

Jumat, 5 Maret 2021 - 14:36 WIB

Bandar Lampung, pandawalima.id – Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Lampung kembali salurkan bantuan pendidikan, Kamis (4/3/2021).

PenyaluranProgram bantuan Infrastruktur Sanitasi untuk Sekolah bekerjasama Lazismu dengan Permata Bank Syari’ah senilai (Rp. 20.328.000,-) dilakukan di Lampung Utara, tepatnya  SD Aisyiyah Bukit Kemuning Lampung Utara. Penyaluran pertama dilakukan pada SD Muhammadiyah Sukajawa Lampung Tengah  dengan penyaluran Program Bantuan Siswa terdampak Covid-19 kerjasama Lazismu dengan Kitabisa.com berupa kuota internet sebesar Satu Juta rupiah serta penyerahan Program Bantuan School Kit kepada siswa.

Manager Penghimpunan dan Program Lazismu Lampung Banun Amariyah mengatakan jika saat ini beberapa Kabupaten di Lampung telah melakukan proses pembelajaran melalui jaringan (daring). Pemberian bantuan kuota internet ini merupakan bantuan langsung yang diberikan Lazismu Lampung dalam rangka membantu siswa dan guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar. “Bantuan ini langsung diberikan oleh Lazismu Lampung dalam rangka membantu memudahkan siswa dan guru melakukan belajar mengajar secara efektif, semoga kedepan bantuan ini dapat diberikan kepada SD Muhammadiyah Sukajawa Lampung Tengah”, tuturnya.

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah Sukajawa Andi Komari sangat berterimakasih dengan adanya bantuan dari Lazismu ini. Dirinya mengatakan jika sekolah tersebut merupakan sekolah lama, berdiri sejak tahun 1971. Dulu sekolah ini menarik SPP, tapi sejak Tahun 2002 hingga saat ini sekolah tidak lagi menarik dana dari siswa dikarenakan banyak siswa memilki ekonomi kategori dibawah menengah (tidak mampu).

“Dengan adanya program bantuan pemberian kuota internet gratis ini tentunya sangat membantu kami dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya aturan melaksanakan proses pembelajaran melalui daring oleh pemerintah, bantuan ini memudahkan para siswa dalam mengakses pembelajaran daring”, ucapnya.

Sedangkan penyerahan berikutnya dilakukan di SD Aisyiyah Bukit Kemuning Lampung Utara. Penyerahan bantuan berupa program pembangunan sanitasi sekolah yang diberikan oleh Permata Bank Lampung kepada Lazismu sebesar

Dua Puluh Juta Tiga Ratus Dua Puluh Delapan Ribu Rupiah. Penyerahan bantuan tersebut diterima oleh Kepala SD Aisyiyah Bukit Kemuning Umi Azizah yang didampingi oleh perwakilan dari Pimpinan Daerah Aisyiyah dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lampung Utara.

Umi Azizah mengatakan jika SD Aisyiyah Bukit Kemuning berdiri sejak 2013. Pada saat pertama program pendidikan dilaksanakan, SD Aisyiyah memiliki 6 siswa. “JIka perjuangan dalam membangun SD Aisyiyah bukan hal mudah, banyak perjuangan yang dilakukan. Dari mulai siswa sedikit, gedung sekolah yang masih seadanya hingga akses sekolah yang jauh dari kota. Program pemberian bantuan sanitasi Lazismu Lampung yang bekerjasama dengan donatur ini sangat membantu keberlanjutan proses pembangunan sekolah yang terus berlangsung”, ujarnya.

Banun Amariyah dalam menyerahkan bantuan mengatakan jika kegiatan pemberian bantuan sanitasi ini dalam rangka menyampaikan amanah Permata Bank Lampung selaku donatur yang memberi bantuan tersebut. Pihak donatur bekerja sama dengan Lazismu Lampung guna melakukan survey, sampling dan menentukan institusi pendidikan mana yang bisa disalurkan bantuan. “Penyerahan sanitasi ini diberikan Permata Bank Lampung selaku pemberi donor sebesar Dua Puluh Juta Tiga Ratus Dua Puluh Delapan Ribu Rupiah. Setelah pemberian bantuan sanitasi ini, pihak Lazismu akan melakukan dokumentasi aset sekolah guna melakukan kampanye online. Setelah kampanye dilakukan, Banun berharap ada pihak donatur yang bersedia membantu pembangunan gedung SD Aisyiyah Bukit Kemuning ini”, terang Banun. (wagiman)

Artikel ini telah dibaca 81 kali

Baca Lainnya