Bandar Lampung Daerah

7 bulan yang lalu

Mengenal Iptu Rudi.S.SH,:  Kasatlantas Terbaik Di Polda Lampung

LAPORAN : EPRIZAL

Rabu, 21 April 2021 - 16:00 WIB

Bandar Lampung, Pandawalima.id – 21 Tahun Bukan Waktu yang sebentar untuk menjadi abdi negera. Pria dengan nama lengkap Rudi.S ini menjalaninya dengan penuh dedikasi. Ia tidak bosan untuk melayani warga.
Bapak tiga anak ini merupakan putra daerah Lampung yang telah mendedikasikan seluruh pengabdiannya di beberapa daerah di Lampung. Saat ini, dia sudah genap satu tahun menjabat Kasat Lantas di Kepolisian Resort (Polres) Tanggamus dan kembali di percaya Jabat Kanit 2 Si Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Lampung,
Sebelumnya, Rudi.S mengemban amanah di Polda Lampung. Lama di Polda Lampung membuatnya banyak memahami terobosan terobosan. Sebagai putra daerah lampung, dia lebih memahami kearifan lokal, warga Lampung merupakan warga yang mudah diajak kerja sama.
Adat yang kental dan kekeluargaan yang kuat, banyak membantu tugasnya sebagai pengayom masyarakat. Meski telah bertahun-tahun menjadi polisi pria dengan pangkat Inspektur Satu Polisi (Iptu),  ia mengaku tidak pernah merasa bosan mengayomi masyarakat.
“Tugas harus dijalankan dengan sebaik mungkin karena ini perintah negara dan kita disumpah untuk menjalankannya dengan baik,” ucap pria kelahiran tahun 1982.
Bahkan, meski jauh dari keluarga, sama sekali tidak mengurangi dedikasinya mengabdi kepada negara. Di tengah kepadatannya menjalani tugas di Tanggamus, ia tetap menjalan tanggung jawabnya sebagai seorang ayah bagi anak-anaknya.
Ketiga anaknya menempuh pendidikan di Bandar Lampung.
1. Gibran Syahdan Makbul di SD Ar Raudoh
2. Gisyakhira Auralea Dzakia Makbul di SDN 2  Sumur Batu
3. Giran Pangestu Makbul (alm).
Untuk bertemu dengan mereka, dia harus menunggu situasi yang betul betul tidak bertugas. Jika tidak, maka dia hanya bertemu virtual melalui layanan video call. Dia sadar bahwa risiko menjadi polisi yaitu banyak hal yang harus dikorbankan, termasuk keluarga.
Menjadi seorang polisi sebenarnya dorongan dari keluarga. Motivasi dari kedua orang tuanya, pasangan Bapak H. M. Saleh Makbul (alam) dg Ibu Masripah S.pd,  menjadi faktor paling dominan. Kendati begitu, motivasi orang tua berbanding lurus dengan semangatnya menjadi abdi negara dengan kostum cokelat.
Rudi.S merupakan lulusan SMAN 12 Bandar Lampung, S1 dan S2 Universitas Bandar Lampung. Dia menikmati menjadi polisi karena dengan begitu dia bisa mengenal banyak pihak, banyak budaya, dan banyak kota dengan banyaknya tugas ke berbagai daerah.
“Kita bisa mengenal banyak daerah, menambah teman dan bisa belajar dari banyak karakter,” tuturnya.
Selain memberikan pelayanan yang terbaik berkaitan dengan pelayanan dijalan maupun administrasi seperti Pembuatan SIM, dia juga memberikan pelayanan terbaik untuk Masyarakat, berikut cuplikan pengabdiannya selama di polres Tanggamus, diantaranya :
Iptu Rudi.S.SH. :
Membantu bencana alam tanah longsor dan banjir dengan bermalam di Sedayu sampai jalan benar2 bisa dilalui.
Iptu Rudi.S.SH.:
Membangun jalan menuju Satpas dengan pengerasan jalan, yang semula jalanan tanah apabila hujan licin menjadi jalan yang keras dan tidak  licin dengan swadaya dengan Masyarakat
Iptu Rudi.S.SH.:
Selalu melakukan kegiatan pencegahan Penyebaran Covid 19 dengan  mengikut sertakan pers lantas dalam kegiatan Yustisi dan kegiatan Rutin baik itu siang, sore dan malam hari dengan menghimbau masyarakat tentang Prokes dan selalu membagikan masker bagi masyarakat yang kedapatan tidak pakai masker.
Iptu Rudi.S.SH. : Memperbaik  pos Lantas sehingga terlihat nyaman untuk petugas dan Masyarakat dengan dibantu oleh masyarakat
Iptu Rudi.S.SH. :
Membuat jalur disabilitas dan menyiapkan sarana disabilitas untuk pemohon SIM dan Samsat.
Iptu Rudi.S.SH. :
Membentuk Patroli Polwan dengan dibantu anggota yang Non Muslim yang bertujuan membantu mengingatkan masyarakat tentang  Prokes Covid 19 yang akan melaksanakan Sholat Jumat.
Iptu Rudi.S.SH. :
Mengadakan Jumat berkah untuk masjid dan Masyarakat yang tidak mampu dengan mengumpulkan dana dari Para anggota lantas yang akan bersodaqoh
Iptu Rudi.S.SH. :
Penambahan Armada unit Patroli, baik itu Roda 4 maupun Roda 2 sehingga memudahkan Patroli pelayanan ke Masyarakat.
Iptu Rudi.S.SH. :
Membentuk Pocil dan sarana prasarana yangg selama pisah dari Polres Pringeswu belum ada.
Iptu Rudi.S.SH. :
Selalu melakukan Patroli antar kampung yang belum terjangkau oleh masyarakat dengan giat Sosialisasi Kamseltibcar Lantas
Iptu Rudi.S.SH. :. Membentuk Konselor Lantas dengan tujuan apabila setelah terjadi laka lantas Masyarakat yang terlibat laka dan keluarga diberikan penyuluhan agar tidak terjadi lagi kejadian Laka lantas.
Iptu Rudi.S.SH. :
Mendapat Penghargaan dari Kapolda dengan peringkat ke 2 atas Lomba IRSMS
Iptu Rudi.S.SH. :
Mendapatkan Penghargaan dari Kapolda dengan Peringkat ke 3 atas lomba RSPA
Iptu Rudi.S.SH. :
Mendapatkan penghargaan dari Kapolda dengan Peringkat pertama dan sekaligus perwakilan Lampung untuk lomba film pendek tentang Kamseltibcar.

Artikel ini telah dibaca 190 kali

Baca Lainnya