Daerah Metro Pendidkan

8 bulan yang lalu

MPK Muhammadiyah Wilayah Lampung dan Cabang Muhammadiyah Kota Metro Gelar Darul Arqam, Pelatihan Instruktur

LAPORAN : WAGIMAN

Kamis, 1 April 2021 - 16:30 WIB

Metro, Pandawalima.id -Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung bersama Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Muhammadiyah Daerah Kota Metro menggelar Darul Arqam dan Pelatihan Instruktur Tingkat Wilayah (DAPINWIL) bagi Pimpinan Daerah dan Pimpinan cabang Muhammadiyah se Kota Metro.  Di Meeting room SMA Ahmad Dahlan Metro 1 – 5 April 2021.

Acara pembukaan hari ini, hadir pada acara pembukaan, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Lampung di wakili Dr. Hi.Sudarman,MA., Ketua MPK PWM Lampung Ma’ruf Abidin,M.Si., Ketua PDM Metro  M.Daud Siddiq BA, Master Of Training –Nurahayati wd,M.Pd.I, jajaran PWM Lampung, jajaran PDM, Tim Instruktur dan peserta sebanyak 22 orang.

Syamsul hadi selaku Panitia Pelaksana sekaligus mewakili MPK PDM Metro, menyampaikan- peserta terdaftar sebanyak 35 orang -lulus screening 22 orang, semua peserta siap mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir kegiatan, Syamsul Hadi selanjutnya menyerahkan peserta dari MPK PDM  kepada MPK  Wilayah untuk dikelola sesuai standar Sistem Perkaderan Muhammadiyah.

Peserta pelatihan melakukan aktifitas secara mandiri terutama terkait dengan kebutuhan pribadi, agar setelah pelatihan terbiasa atau meningkatkan kemandirian dalam aktifitas sehari-hari termasuk kegiatan domestik, Ujarnya.

Sementara  Ketua MPK Wilayah Ma’ruf Abidin M.Si berharap peserta dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai ahir, yang ragu-ragu dalam pelatihan ini dipersilahkan untuk undur diri dari awal. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari, akan melakukan proses pembelajaran in door dan out door, Ungkapnya.

Sesepuh Muhammadiyah Kota Metro M.Daud Siddiq,BA., yang sekaligus Ketua PDM Kota Metro, mewanti-wanti para peserta untuk bersemangat mengikuti pelatihan ini. M.Daud mengajak peserta untuk mengenang nostalgia pelatihan dimasa lalu. Para sesepuh zaman dahulu dengan fasilitas yang sangat minim dapat mengikuti pelatihan dengan sangat antusias dan menghasilkan para pimpinan yang memiliki komitmen dalam kegiatan dakwah dan kemanusiaan. Apalagi sekarang di zaman ini dengan fasilitas yang serba ada, sangat mungkin untuk mengikuti kegiatan pelatihan dibanding zaman dahulu, imbuhnya.

Sesi terahir pada acara pembukaan, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah yang diwakili  oleh Dr.Hi.Sudarman,M.A., memberikan pencerahan pentingnya kualitas pribadi dan institusi dengan mengambil ibrah tarikhul  anbiya  Nabi Daud as. menghadapi Raja Jalut, mensitir ayat  249 surah al Baqarah “ Kam min fiatin qalilatin ghalabat fiatan katsiratan  bi idznillah….”-  Betapa banyak kelompok kecil dapat mengalahkan kelompok besar dengan izin Allah.  Pelatihan ini diharapkan dapat melahirkan kelompok inti yang tangguh menjadi penopang utama  gerakan dakwah dan kemanusiaan universal, kata Sudarman.

Pada sesi orientasi Nurhayati Wd, selaku Master Of Training pelatihan ini menyampaikan arahan peserta akan mengikuti proses pembelajaran materi Al Islam, Kemuhammadiyahan, keorganisasian, kepemimpinan, menejemen, kebangsaan, dan materi kepelatihan, kilahnya.

Artikel ini telah dibaca 196 kali

Baca Lainnya