Lampung Timur

1 tahun yang lalu

Pengurus MUI Kabupaten Lampung Timur Harus Memiliki Sekretariat Yang Representatif

Wagiman

Sabtu, 10 April 2021 - 16:02 WIB

Way Jepara, pandawalima.id – – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lampung Timur masa khidmat 2020-2025 telah dikukuhkan oleh Dewan Pengurus MUI Provinsi Lampung, Sabtu, (10/04/ 2021) bertempat di Aula Sekretariat LDII Lampung Timur.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Lampung Timur yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia M. Yusuf, Pengurus MUI Lampung H. Suryani, Ketua MUI Lampung Timur H. Hasan Basri, SE, dan Para Peserta.

Bupati Lampung Timur yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia M. Yusuf
dalam sambutan tertulisnya, Bupati mengharapkan kehadiran MUI bisa menjadi perekat ummat serta menjadi mitra pemerintah dalam menciptakan kesejukan dalam kehidupan beragama, Katanya.

Sementara itu Dewan Pengurus MUI Provinsi Lampung dalam di sela-sela acara yang disampaikan oleh H. Suryani mengatakan bahwa jika mengacu pada Peraturan Presiden No. 151 tahun 2014, maka pemerintah daerah berkewajiban membiayai seluruh kegiatan MUI Kabupaten Lampung Timur. Untuk itu diharapkan kepada MUI kabupaten harus menjadi mitra pemerintah dengan menjalin komunikasi yang baik, tetapi menjaga independensi organisasi, ujarnya.

Sementara itu H.Hasan Basri, SE., Selaku Ketua Umum MUI Kabupaten Lampung Timur, dalam sambutannya menyampaikan bahwa MUI merupakan wadah bernaung dari semua ormas Islam. Untuk itu sebagai pengurus MUI hendaknya lebih mengedepankan kepentingan ummat Islam secara keseluruhan dan bukan mengedepankan kepentingan kelompok ormas tertentu. MUI bukan alat politik tertentu, maka kalau menjadi pengurus karena untuk kepentingan politik sesaat, sebaiknya mundur dari kepengurusan, demikian ditegaskan oleh Hasan Basri.

Setelah prosesi pelantikan, pengurus langsung melaksanakan Rapat Koordinasi pengurus yang dipimpin oleh H. Andi Sanjaya selaku Sekretaris Umum MUI Lampung Timur untuk menyamakan persepsi sesama pengurus. Dalam kesempatan Rapat Koordinasi tersebut, Ketua Umum menyampaikan bahwa pada periode ini MUI harus memiliki Sekretariat yang representatif yang akan dijadikan sebagai pusat kegiatan keagamaan, Harapannya. (wagiman)

Artikel ini telah dibaca 377 kali

Baca Lainnya