Bandar Lampung Daerah

3 bulan yang lalu

Polisi dan Ibu Bhayangkari Berprestasi Peduli Dengan Komunitas Tempat Anak Berkebutuhan Khusus di Lampung

Irma Ulfa Lailiana

Jumat, 22 Oktober 2021 - 08:16 WIB

Bandar Lampung, Pandawalima.id – Pada perayaan Puncak Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-69 Ny. Dian Kesuma di undang sebagai Bhayangkari Berprestasi, Kamis, (21/10/2021).
.
Dian Kesuma bersama suami seorang Anggota Polri Berpangkat Aipda Arief Setya Pambudi dan Putri kesayangan nya Cece. Sejarah dari berdiri nya ATS ini Bu Dian Kesuma yang juga sebagai Ibu Bhayangkari istri dari Seorang Anggota Polri yang bertugas dari Polres Pesawaran. Berawal dari memiliki kesamaan kondisi anak berkebutuhan khusus dan curhatan di tempat terapi di salah satu sebuah rumah sakit swasta di Bandarlampung, Dian Kesuma (38) berinisiatif membuat komunitas Anak Taman Surga (ATS) Yaitu sebuah komunitas sosial yang beranggotakan anak-anak berkebutuhan khusus se -Provinsi Lampung.
.
Dian mengatakan, komunitas ini berdiri sejak 27 Desember 2017. Awalnya anggotanya hanya beberapa orang. Mereka adalah para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.
.
“Lama-lama menjadi banyak. Sekarang ada sekitar 54 anak berkebutuhan khusus yang bergabung di ATS. Diagnosisnya macam-macam.  Ada yang dengan diagnosis  hydrocephalus, downsyndrom, dan lain-lain,” kata Dian.
.
Soal nama ATS, Dian menjelaskan dilatarbelakangi oleh adanya lima anak anggota ATS yang telah meninggal dunia demi melawan sakitnya.
.
“Mereka yang meninggal adalah anak anak penghuni taman surga atau Anak Taman Surga, disingkat ATS),”
.
Dian mengaku, memiliki anak berkebutuhan khusus tidaklah mudah. Menurutnya, perlu mental yang kuat dan kesabaran luar biasa agar bisa merawat anak berkebutuhan khusus dengan baik.
.
Dian  menceritakan tentang putri mungilnya nan lincah,  Cece (4 tahun), yang menderita kelumpuhan otak tahap ringan.
.
Kemudian, dari peran seorang istri yang kuat, dan suami yang Hebat Aipda Arief Setya Pambudi mendukung penuh atas inisiasi Berdiri nya ATS ini diantara memberikan seluas luas nya Rumah kediaman nya yang bertempat di Jln Sultan Haji GG Lekipali Kota Sepang sebagai tempat yang nyaman bagi mereka. Terang Aipda Arief.
.
Atas dedikasi, dukungan nya akhir nya Pada Kamis (01/07/21) pada acara HUT Bhayangkara  Ke-75 dilaksankan di aula Polres Pesawaran Aipda Arief Mendapatkan Penghargaan Polisi Berprestasi dari Kapolres Pesawaran Atas Dedikasi nya mendirikan Organisasi Komunitas anak Berkebutuhan Khusus Yaitu Anak Taman surga (ATS) dengan Saranan dan Prasana Menggunakan rumah milik Pribadi. (Irma Ulfa Lailiana)

Artikel ini telah dibaca 124 kali

Baca Lainnya