Daerah Kriminal Tanggamus

1 tahun yang lalu

Polsek Limau Fasilitasi Rembuk Pekon Perkara Penganiayaan Ringan 

Nn Muslih

Minggu, 6 Desember 2020 - 21:03 WIB

Tanggamus ( PL.id )  – Polsek Limau Polres Tanggamus kembali memfasiltasi rembuk pekon. Kali ini masalah penyelesaian sosial yang terjadi terkait penganiayaan ringan yang terjadi di wilayah hukumnya, Minggu (6/12/20).
.
Kedua pihak berselisih merupakan warga Dusun Muara Dua Pekon Ketapang, Limau, Tanggamus yakni Sukemi (80) selaku pihak ke-1 dan Suwito (62) selaku pihak ke-2.
.
Kapolsek Limau Polres Tanggamus AKP Oktafia Siagian, SH mengungkapkan rembuk pekon dilaksanakan di kantor Polsek Limau sesuai kesepakatan kedua pihak yang berselisih.
.
“Rembuk pekon digelar pukul 10.30 Wib,” ungkap AKP Oktafia Siagian mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK., Minggu (9/12/20).
.
Kapolsek menjelaskan, kronologis kejadian pada Senin tanggal 16 November 2020 sekira jam 17.30 WIB di Dusun Mura Dua Pekon Ketapang Kecamatan Limau, awalnya Sukemi hendak meminta mangga.
.
Namun saat itu Suwito tidak memperkenannya sehingga terjadi adu mulut. Karena kesal kemudian Suwito menyabetkan pecut dan mengenai kaki Sukemi hingga ia terjatuh.
.
“Atas kejadian tersebut pelapor mengalami luka dipergelangan tangan dan menyebabkan bengkak, selanjutnya pelapor melaporkan kepada Bhabinkamtibmas,” jelasnya.
.
Sambungnya, hasil yang dicapai dalam rembuk pekon, kedua pihak sepakat berdamai secara kekeluargaan dengan membuat surat perdamaian, Pihak ke-2 mengakui dan menyadari kesalahannya.
.
Lalu, pihak ke-2 memiinta maaf kepada  pihak ke-1 dan bertanggung jawab untuk membiayai pengobatan pihak ke-1.
.
Pihak ke-1 menerima dan tidak akan melanjutkan proses hukum. Keduanya tetap menjalin silaturahmi. Serta kedua pihak tidak akan saling menuntut secara hukum dikemudian hari.
.
Ditambahkan Kapolsek, dalam rembuk pekon juga dihadiri sekretaris Pekon  Ketapang dan saksi Budiman, Winarko, Amir, M. Dulkarim, Helmi dan Ahmad Afandi.
.
“Dengan selesainya permasalahan melalui rembuk pekon, kedua pihak dapat kembali mengeratkan tali silaturahmi,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 85 kali

Baca Lainnya