Bandar Lampung

6 bulan yang lalu

Rayakan Idul Adha Tahun 1442 H/2021 M, Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Laksanakan Pemotongan Hewan Kurban

Anggithya

Jumat, 23 Juli 2021 - 04:51 WIB

Bandar Lampung, pandawalima.id — Untuk merayakan Hari Raya Iduladha Tahun 1442 H/2021 M, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung melalui Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Penaiszawa) melakukan Pemotongan Hewan Kurban, Kamis (22/7).

Pemotongan hewan kurban dilaksanakan pada Pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Zbeef Indonesia yang terletak di Jalan Pisang Tanduk Nomor 51 Susunan Baru Tanjung Karang Barat dengan disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H, Kepala Bagian Tata Usaha, Drs. H. Marwansyah, Kepala Bidang Penaiszawa, H. Erwinto, S.Ag., M.Kom.I, dan Kepala Seksi Bidang Penaiszawa.

Kepala Bidang Penaiszawa, H. Erwinto, S.Ag., M.Kom.I, menyampaikan bahwa pada dasarnya pelaksanaan ibadah kurban tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya saja sistem penyembelihan hingga pendistribusiannya dilakukan dengan protokol kesehatan.

“Sistem penyembelihan dan pembagian hewan kurban yang kami laksakan sesuai protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, hingga pemakaian sarung tangan bagi pelaksana,” terangnya.

“Panitia yang terlibat dalam pemotongan hewan kurban di Lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung sebanyak 21 orang yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Tenaga Honorer,” jelasnya.

Selanjutnya Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H, mengatakan bahwa Ibadah kurban merupakan salah satu Ibadah penting, yang mengajarkan kepada kita tentang ajaran tauhid, yang berisi keberpihakan secara sosial dengan saling peduli antar sesama.

Menyembelih hewan qurban, lanjut Kakanwil, memang bagian dari simbolis ritual kurban, yang dilakukan umat Islam setiap tahunnya. Namun, ritual ini mengajarkan kepada kita untuk saling berbagi dan peduli antar sesama. “Apalagi dimasa Pandemi Covid-19 saat ini kita dituntut harus saling menguatkan, saling memuliakan dan saling mendoakan,” ujarnya.

Juanda mengatakan, indikator kualitas ibadah qurban bukan terletak pada banyak nya hewan qurban yang disembelih atau banyaknya dalam mengalirkan darah qurban, namun yang sangat penting adalah keihlasan dalam melakukan qurban.

“Sebuah perkara paling mendasar dalam agama adalah mengikhlaskan diri kepada Allah Swt. dalam setiap amal ibadah yang kita lakukan, karena hal ini merupakan syarat utama diterimanya amal ibadah,” jelasnya.

Lebih lanjut Juanda menambahkan bahwa Kanwil Kemenag Provinsi Lampung melaksanakan penyembelihan hewan kurban di RPH dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di Luar Wilayah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Pemotongan hewan kurban ini merupakan agenda rutinitas setiap tahunnya. Untuk tahun ini, Kanwil Kemenag Provinsi Lampung berkurban sebanyak 5 sapi dan 3 kambing dimana sebelumnya Kanwil telah menyerahkan dua ekor sapi hewan kurban yang diperuntukkan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1A Bandar Lampung dan Pondok Pesantren Darussa’adah Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah serta dua ekor kambing yang diperuntukkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung. Sedangkan untuk di RPH, Kanwil Kemenag Provinsi Lampung memotong hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi yang terdiri dari 2 ekor sapi dari internal kantor dan satu ekor sapi berasal dari Universitas Teknokrat Indonesia (UTI),” ucapnya.

“Kurban yang dilaksanakan ini bersumber dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan menggunakan sistem tabungan setiap bulannya,” tutur Juanda.

Kepada para pejabat dan seluruh ASN Kanwil Kemenag Provinsi Lampung yang telah berpartisipasi aktif dalam melakukan qurban melalui Kantor, Ia menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Dirinya berpesan agar semangat berqurban terus digelorakan pada momen-momen tertentu terutama pada hari Raya Idhul Adha selain terus melakukan kegiatan kemanusiaan dalam bentuk Kemenag berbagi.

Dari pantauan humas, pelaksanaan kurban di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung berjalan dengan lancar, tertib, sukses, dan menerapkan protokol kesehatan.(Anggithya)

Artikel ini telah dibaca 77 kali

Baca Lainnya