Daerah Lampung Tengah Pendidkan

2 bulan yang lalu

SMPN 4 Gunung Sugih Peringati HUT Hari Guru Nasional Tahun 2021

Penulis : Wagiman

Sabtu, 27 November 2021 - 20:06 WIB

Gunung Sugih, Pandawalima. Id
Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Gunung Sugih Menggelar Hari Guru Nasional Tahun 2021 yang di kenal dengan Festival Lestari Sekolah, Jum’at, 26/11/2021.
Acara ini dihadiri oleh semua Guru, TU,  dan peserta didik kelas 7, 8, dan 9
.
Kepala Sekolah Drs. Imam Komaruddin,  M. Pd. I dalam sambutanya menyampaikan bahwa Peran guru sangatlah penting dalam kualitas bangsa. Guru yang mengajak dan mendorong peserta didik untuk mengenalkan tradisi membaca dan menulis sebagai kegiatan literasi. Pada proses ini peradaban  makin maju dan  tidak terputus. Melahirkan generasi  yang peka terhadap perkembangan zaman karena memiliki pembiasaan berliterasi sebagai syarat mutlak terbentuknya kemampuan literasi yang baik, Kata Imam.
.
Ketua Panitia Dra.Mini Fajariani menyampaikan bahwa dalam rangka hari guru nasional 2021, SMPN 4 menggelar Festival Literasi Sekolah  Semesta Berkarya.  Penyelenggaraan mengusung tema Gerakan Literasi Menjadi Pembinaan  Karya Kreatif Dan Inovativ, Menuju Indonesia Yang Damai Dan Berbudaya, Ungkapnya.
.
Selanjutnya Mini Fajariani yang sering dikenal dengan sebutan Mrs Mini menyampaikan Festival Literasi Sekolah SMPN 4 Gunung Sugih  bertujuan mengasah kemampuan literasi peserta didik di masa pasca pandemi.  Para guru  mengapresiasi  potensi anak saat mengikuti kompetisi literasi. Pada hari Jumat tanggal 26 November 2021  telah tergelar 10 cabang yang dilombakan seperti baca puisi, cipta puisi, baca pantun, cipta pantun, menulis cerpen, mendongeng, melukis, mendesain poster, kaligrafi dan nyanyi tunggal. Dengan menghadirkan 30 tim penilai dari kalangan guru di sekolah tersebut, 63 peserta lomba, 25 official peserta didik  dengan 3 desain poster, 9 lukisan kaligrafi, 4 lukisan budaya, 6 judul cerita pendek, 6 judul puisi, 7 judul pantun.  Karya karya mereka  cerminan semangat dalam membaca, menulis, mencipta nilai nilai budaya dan pemikiran tentang seorang guru dalam kehidupan mereka. Kepercayaan diri dan sikap mandiri memenuhi kata kata dan goresan yang mereka buat, Ujarnya.
.
Festival Literasi berlangsung dengan semangat Merdeka Belajar, mengedepankan  kreativitas dan inovasi  layak berlanjut  dalam mengikuti perubahan dunia.  Festival  ini  menjadi tinta emas bagi sejarah perkembangan peserta didik SMPN 4 Gunung Sugih dari soal peradaban dan sejarah. Karya para peserta  didik membangun harapan bahwa mereka menjadi cahaya dalam kegelapan dan menerbitkan semangat untuk mengusung gagasan yang ada dalam pikiran mereka dan mengedepankan perbedaan menjadi harmoni yang patut dinikmati.
.
Penulis : Wagiman

Artikel ini telah dibaca 146 kali

Baca Lainnya