Nasional

8 bulan yang lalu

Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah Resmi ditutup, Penyaluran Potensi Kader Jadi Prioritas Gerakan

LAPORAN : WAGIMAN

Minggu, 4 April 2021 - 22:19 WIB

Manado, Pandawalima.id – Gelaran Tanwir ke-1 Pemuda Muhammadiyah yang telah digelar sejak Jumat (2/4) resmi berakhir dengan hadirnya Menko PMK Republik Indonesia Muhadjir Effendy yang didaulat menutup acara, Ahad (4/4).
Diselenggarakan di Novotel Manado Golf Resort & Convention Center, Muhadjir berpesan agar Pemuda Muhammadiyah terus menggalang kolaborasi dan meningkatkan kemampuan kader baik dari sisi soft skill maupun hard skill.
Muhadjir memuji peran Pemuda Muhammadiyah dalam membangun gerakan kedaulatan ekonomi di sektor UMKM, pertanian hingga ekonomi kreatif.
“Saya berharap Tanwir ini benar-benar memberikan jalan cerah ke depan. Saya sangat apresiasi dengan apa yang telah dilakukan oleh kalian semua, Pemuda Muhammadiya baik dari pusat hingga daerah,” tuturnya.
Sementara itu Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Cak Nanto bersyukur sekaligus berterimakasih pada keterlibatan aktif kader Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia dalam Tanwir ini.
Cak Nanto mengungkapkan, Tanwir 1 telah dilakukan dengan membahas AD/ART, masalah internal, rekomendasi gerakan sekaligus bagaimana menyalurkan seluruh potensi kader yang dimiliki di seluruh Indonesia.
“Banyak gagasan yang kami bahas, dalam aktivitas yang sifatnya internal baik pembenahan organisasi, ideologi, pemahaman keagamaan dan model dakwah Muhammadiyah, terus kami engage sebagaimana mestinya dalam rangka membangun, membantu dan menggerakkan kemanfaatan kader-kader kita,” ungkapnya.
“Gerakan kedaulatan ekonomi dan kemandirian tetap akan menjadikan ruh gerakan ini karena saya yakin kalau berhasil, maka akan memudahkan gerakan dakwah kita,” imbuhnya sembari menyinggung membentuk penceramah yang modern, sejuk, memberi pencerahan dan menggembirakan umat.
“Saya ucapkan banyak terimakasih kepada kader Pimpinan Wilayah yang selalu mencintai organisasi ini sebagai jalan dakwahnya melebihi kehidupan dirinya sehingga kami yakin Tanwir ini akan mempercepat gerakan-gerakan kita dengan satu kunci yaitu kebersamaan itu sendiri,” pungkasnya.
Berlangsung selama tiga hari, Tanwir 1 didukung oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah setempat. Presiden Jokowi, Panglima TNI Hadi Tjahtjanto, Kapolri Sigit Listyo Prabowo, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan turut turut mendukung gelaran Tanwir.
Penutupan gelaran Tanwir juga turut melakukan launching logo aplikasi jasa layanan ojek online dan jasa antar jemput barang dengan sentuhan Islami karya Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah bernama FAST: Solusi Cepat dan Amanah. FAST sendiri direncanakan akan dirilis ke publik dua bulan ke depan.
Laporan : Wagiman

Artikel ini telah dibaca 98 kali

Baca Lainnya