Nasional Pendidkan

7 bulan yang lalu

Tim Dosen UAD Pengabdian ke SD Muhammadiyah Mertosanan

WAGIMAN

Sabtu, 3 Juli 2021 - 07:44 WIB

Yogyakarta,  Pandawalima.id – Tim Dosen Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan  mengadakan seminar online di SD Muhammadiyah Mertosanan, Banguntapan, Kabupaten Bantul DIY, pada hari Jum’at  (26/03/2021). Kegiatan pengabdian itu mendiskusikan tema tentang persiapan anak sekolah dan pendampingan belajar secara online di masa pandemic Covid-19. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh guru dan wali murid SD Muhammadiyah Mertosanan. Acara ini di buka oleh Ketua PCM Banguntapan Selatan, Drs. Wakijo.
.
Dalam sambutannya Drs.Wakijo menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada Tim Dosen UAD yang telah peduli dan turut serta melakukan pembinaan dan pendampingan kepada SD Muhammadiyah Mertosanan sebagai SD binaan PCM Banguntapan Selatan. Lebih jauh Drs. Wakijo menyampaikan apresiasi yang tinggi akan sinergitas PTM dengan warga persyarikatan di grasroot. Ini merupakan bentuk kepedulian dan kerjasama yang nyata. Perguruan Tinggi Muhammadiyah, dalam hal ini Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tentu memiliki tanggung jawab akademik dan moral serta keilmuan agar tidak menjadi menara gading. Kehadiran Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang notabenenya banyak ahli dan pakar sudah semestinya di rasakan keberadaan dan manfaatnya bagi banyak orang, terutama warga persayrikatan. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan saya yakin akan sangat bermanfaat bagi SDM Mertosanan, tegasnya.
.
Sementara itu, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Mertosanan Ana Rahmatullah, M.Pd. dalam sambutannya juga menyampaikan trima kasih kepada UAD yang telah berkenan memilih SDM Mertosanan sebagai sasaran pengabdian. Kami menyadari masih membutuhkan banyak input dan pembinaan dari banyak pihak, apalagi ini yang hadir adalah para pakar bidang psikologi pendidikan, lebih khusus dosen bimbingan dan konseling. Terus terang era pandemic covid-19, pembelajaran secara online ini membutuhkan banyak penyesuaian. Bagi yang belum siap sangat potensial menimbulkan beragam persoalan, imbuhnya. Dengan adanya sesi sharing bersama ini semoga apa yang menjadi kendala bapak/ibu di sekolah maupun para wali murid dapat diberikan solusi. Minimal ada satu pemahaman baru bagaimana kita mempersiapkan pendidikan dan mesti mendampingi belajar anak secara daring, tegasnya.
.
Tim dosen yang melakukan pengabdian kepada masyarakat di SD Muhammadiyah Mertosanan  yakni, Dr. Hardi Santosa, M.Pd. dan Ariadi Nugraha, M.Pd. serta di bantu oleh dua orang mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Ketika diwawancarai melalui handphone, tim pengabdian ini menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan bagian tugas tridarma perguruan tinggi, yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jika di PTM tambah satu lagi, yakni melaksanakan Al Islam-Kemuhammadiyahan, menjadi catur darma. Itu mengapa kami meminta izin kepada beliau Ketua PCM Banguntapan Selatan Wakijo dan Pak Ana sebagai Kepala Sekolah SDM Mertosanan untuk melaksanakan kegiatan di SDM Mertosanan.
.
Kami gembira jika kehadiran kami dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan di SDM Mertosanan, imbuh Dr. Hardi sebagai ketua Tim. Kami menyadari ada tugas bersama dalam mendidik masyarakat, untuk itu kami mencoba hadir dengan melihat kebutuhan di SDM Mertosanan ini. Kegiatan ini merupakan kegiatan awal,  kami mencoba berdiskusi tentang situasi dan bagaimana persiapan pendampingan belajar anak. Setelah ini akan ada kegiatan lanjutan yang sifatnya lebih aplikatif, melatih keterampilan guru dan orang tua dalam mendampingi belajar anak secara online, imbuh Hardi.
.
Sementara itu Ariadi Nugraha, M.Pd sebagai anggota Tim menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari amanah kelembagaan UAD. Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UAD berkomitmen untuk melakukan pengabdian dengan skala perioritas kepada mitra muhammadiyah, seperti: PCM, Ortom dan sekolah-sekolah Muhammadiyah. Mudah-mudahan kehadiran UAD dapat semakin terasa di tengah-tengah masyarakat dan dapat memberikan maslahat yang lebih besar, harapan Ariadi yang juga merupakan Kabag Humas dan Protokol Kampusnya Dahlan Muda ini.

Artikel ini telah dibaca 127 kali

Baca Lainnya