Daerah Pringsewu

7 bulan yang lalu

Tri Haryono : Perangkat Pekon Bisa Megajukan Gugatan ke PTUN, Jika Pemberhentian Tidak Sesuai Dengan Ketentuan

EPRIZAL

Senin, 5 Juli 2021 - 18:48 WIB

Pringsewu, Pandawalima.id – Tri Haryono Kabid Pemerintahan, Pembangunan, Keuangan, dan Aset Pekon Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon Kabupaten Pringsewu meras kaget degan adanya pemberitaan tidak harmonisnya Perangkat Pekon Yogyakarta Selatan dan Kepala Pekon setempat, Senin, 5/7/2021 di ruang kerjanya.
.
Tri Haryono mengatakan Pemberhentian perangkat Pekon tidak bisa dilakukan se mena-mena, itu harus ada surat rekomendasi dari Camat setempat.
.
Kepala Pekon harus mengajukan dan kordinasi dengan Camat setempat.
Kepala Pekon tidak bisa memberhentikan tanpa ada pelanggaran yang di lakukan oleh Perangkat Pekon tersebut. Jika diberhentikan dengan alasan kinerjanya tidak bagus, Kepala Pekon harya bisa membuktikannya.
.
Perangkat Pekon bisa berhenti jika, Meninggal Dunia, Mengundurkan diri, dan diberhentikan karena tersangkut masalah hukum seperti Narkoba, Pencurian, Curas (C3) kata Tri Haryono.

Ditambahkan Tri Haryono, Sesuai dengan ketentuan, Permendagri Perda 04,dan Perbub Nomor 49 Perangkat Pekon bisa megajukan gugatan ke PTUN, jika pemberhentian perangkat  Pekon tidak sesuai dengan ketentuan tersebut.

“Jadi Pemberhentian Perangkat Pekon tidak sesuai dengan Permendagri, Perda 04, dan Perbup Nomor 49, perangkat Pekon bisa mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara(PTUN)”, jelas Tri Haryono.
Proses Pemberhentian Perangkat Pekon, Kepala Pekon harus Konsultasi kepada Camat, barulah keluar rekomendasi dari Camat dan seterusnya keluarlah keputusan pemberhentian tutup Tri Haryono.
Camat Gadingrejo Joko membenarkan bahwa, rekomendasi pengunduran diri Sekretaris dan Kaur Perencanaan Pekon Yogyakarta Selatan sudah terbit, dan surat rekomendasi tersebut sudah di kirimkan ke Kapekon Yogyakarta Selatan Mursidi.
Namun permohonan dan Konsultasi pemberhentian Kadus 02. Mursyid yang di ajukan oleh Kepala Pekon Yogyakarta Selatan Mursidi belum di Proses.
Kami harus meminta keterangan dari Kadus 02 Mursyid apakah benar dirinya mengundurkan diri, atau jarang tidak masuk Kerja. Kami sudah memanggil Kadus 02 tersebut, dan akan kami panggil lagi untuk klarifikasi yang ke Dua, namun Kadus 02 Mursyid tidak datang.
Sampai saat ini Kadus 02 Mursyid masih tercatat dan Syah sebagai perangkat Pekon dengan jabatan Kadus 02 Pekon Yogyakarta Selatan, Permohonan Rekomendasi Pemberhentian Kadus 02 Pekon Yogyakarta Selatan belum di Proses terang Joko Camat Gadingrejo.
Sementara Kepala Pekon Yogyakarta Selatan Mursidi mengatakan Dua orang Perangkat Pekon yakni Sekretaris dan Kaur Perencanaan sudah mengundurkan diri, makanya kami mengajukan rekomendasi ke Camat untuk pemberhentian Dua Perangkat Pekon tersebut.
Saya tidak pernah meminta Sekdes dan Kaur untuk mengundurkan diri, itu adalah atas kemauan dari sekdes dan Kaur tersebut kata Mursidi.
Terkait Kepala Dusun (Kadus) 02 Mursyid sampai saat ini tidak pernah masuk kerja, sejak saya menjabat baru Dua kali Kadus tersebut masuk kerja.
Terhitung hingga saat ini sudah 60 hari lebih tidak masuk kerja, makanya saya konsultasi dengan Camat Gadingrejo untuk meminta rekomendasi pemberhentian Kadus tersebut jelasnya.
Saya sudah Kordinasi dengan Camat terkait hal ini, saya minta rekomendasi agar hal ini di sikapi oleh Camat Gadingrejo rekomendasi pemberhentian Kadus 02 tersebut, ungkap Mursidi.

Artikel ini telah dibaca 309 kali

Baca Lainnya