PERGUNU Lampung Gelar Seleksi Beasiswa S1, S2 dan S3 UKHAC

Bandarlampung, Pandawalima.id Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW PERGUNU) Provinsi Lampung kembali membuka pendaftaran program beasiswa Sarjana (S1), Pascasarjana (S2), dan Doktoral (S3). Program beasiswa ini merupakan hasil kerja sama PW PERGUNU Lampung dengan Universitas KH Abdul Chalim (UKHAC) Mojokerto, Jawa Timur yang dilaksanakan di Aula Gedung ITS NU Lampung, Minggu (23/6/2024).
.
Ketua PW PERGUNU Lampung Prof. Dr. H. Imam Syafe’i, M.Ag dalam sambutannya mengatakan program beasiswa tersebut merupakan program wajib belajar bagi pemuda, pelajar, dan warga Nahdliyin baik dari dalam maupun luar negeri termasuk bagi putra-putri yang ada di Provinsi Lampung.
.
“PERGUNU Lampung melalui Pimpinan Pusat PERGUNU sudah bekerjasama dengan Universitas KH Abdul Chalim, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur merancang program wajib kuliah bagi pemuda, pelajar dan santri berlatar belakang Nahdliyin dari dalam maupun luar negeri termasuk dari putra-putri dari Lampung dengan memberikan beasiswa Sarjana (S1), Pascasarjana (S2), dan Doktoral (S3). Alhamdulillah tahun 2014 ini sudah berjalan angkatan yang ke-10 semoga terus berkesinambungan,” Ucap Prof. Imam yang juga Kaprodi S2 PAI UIN Raden Intan Lampung ini.
.
Prof Imam biasa ia disapa, beasiswa ini mencakup berbagai fasilitas seperti bebas uang gedung, bebas SPP selama menempuh studi, bebas biaya asrama pesantren, dan bebas biaya pengajian pesantren.
.
Lebih lanjut ia mengatakan pada tahun 2024 ini diikuti 35 calon peserta yang mengikuti tes tertulis dan wawancara. Adapun calon penerima beasiswa ini akan diuji pada lima tahapan tes yaitu pertama tentang Ke-Aswaja-an, kedua Bahasa Inggris, ketiga Bahasa Arab dan Kitab Kuning, keempat Pengetahuan Umum, serta kelima tes baca Al-Qur’an beserta Tajwidnya.
.
Sementara itu Sekretaris PW PERGUNU Lampung Dr. Ihsan Mustofa, M.Pd.I mengatakan program beasiswa ini dilakukan sesuai dengan amanah Pimpinan Pusat (PP) PERGUNU untuk melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program beasiswa pendidikan S1, S2 dan S3. Harapannya PW PERGUNU Lampung memiliki SDM yang berkualitas dan berwawasan global baik bidang di intelektual dan spiritual yang memiliki karakter Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah yang berbanding lurus dengan peningkatan wawasan global dan menjaga kedaulatan NKRI.
.
Secara terpisah Ketua Umum PP PERGUNU, Prof. Dr. KH. Asep Syaifudin Chalim, M.A mengatakan, pemenang kompetisi adalah orang-orang memiliki kompetensi dan skill yang responsif terhadap perkembangan zaman. “Atas dasar kondisi tersebut, PP PERGUNU bekerjasama dengan Universitas KH. Abdul Chalim (UKHAC) Mojokerto-Jawa Timur, merancang program wajib kuliah bagi pemuda, pelajar dan santri berlatarbelakang Nahdliyin dari seluruh penjuru Indonesia termasuk dari Provinsi Lampung maupun dari luar negeri dengan memberikan beasiswa Sarjana (S1), Pascasarjana (S2), dan Doktoral (S3),” ujarnya.
.
Pada kegiatan tes seleksi beasiswa tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua PW PERGUNU Lampung Dr. Erjati Abbas, M.Pd; Sekretaris PW PERGUNU Lampung Dr. Ihsan Mustofa, M.Pd; Wakil Sekretaris Dr. Muhammad Idris, M.Pd.I; Bendahara Dr. Sunarto, M.Pd.I; Tim Penguji Tes Beasiswa Dr. Hj. Rita Linda, M.Pd, Dr. Umi Kulsum, M.Pd.I, Septa Aryanika, M.Pd, Sumarjo, M.Pd.I, Isyi Alfarisi, M.Pd.I, Salim Hariyanto, M.Pd, Gunadi, S.Pd; Ali Tahan Uji, M.Pd; serta para pengurus serta Ketua Pengurus Cabang (PC) Pergunu se-Provinsi Lampung.
.
(Pewarta : Muhammad Idris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *